Monday 10 April 2017

Khasiat Tumbuhan NANANGKAAN/PETIKAN KEBO/GENDONGAN ANAK

NANANGKAAN

 (euphorbia hirta )

Hasil gambar untuk nanangkaan

Foto : yohanesocta

Deskripsi

Nanangkaan atau nama latinnya (euphorbia hirta ) biasanya orang menyebutnya tanaman gendongan anak atau juga petikan kebo.
Tanaman Nanangkaan mudah sekali untuk dikenali dan ditemukan,biasanya tumbuhan ini terdapat di celah pinggir bebatuan sungai atau merayap ditanah yang lembab dan cukup panas.
Nanangkaan bisa tumbuh merayap dengan panjang 0,5 meter bahkan lebih.Batang pendek berbuku-buku,daun saling berhadapan rata,batang di selaputi bulu kecil-kecil dan halus,pada bagian tengah daun berwarna ungu bila sudah berumur panjang,ditangkai terdapat bunga yang saling berhadapan,Perlu di ketahui cara perkembangbiakan tumbuhan Nanangkaan melalui biji.


Khasiat

Banyak orang menggunakan tumbuhan Nanangkaan untuk ramuan obat herbal alami.Semua bisa dijadikan obat ramuan bila cara meraciknya tepat.
Untuk kahisatnya sendiri tumbuhan Nanagkaan ini sebagai berikut
  • Mengobati luka tersayat pada Kulit.
  • Mempercepat masaknya penyakit Bisul
  • Obat Asma dan Bronkhitis
  • Dan penyakit Radang Mata
Dan tambahan lagi tumbuhan Nanangkaan ini bisa kita gunakan untuk menu makanan lho


Mengobati luka tersayat pada kulit

Ambil beberapa daun dan cucilah sampai bersih setelah itu daunnya ditumbuk hingga halus tempelkan hasil tumbukannya dan tempelkan pada luka kulit tersayat.

Mempercepat masaknya penyakit bisul

Ambil beberapa daun dan cucilah sampai bersih setelah itu daunnya ditumbuk hingga halus tempelkan hasil tumbukannya disekitar yang terkena bisul untuk menempelkannya cangan ditempelkan dimata bisulnya sehingga bisa mendapatkan hasil dari ramuan tanaman nanangkaan.

Mengobati Asma dan Bronkhitis

Ambil beberapa daun dan cucilah sampai bersih setelah itu daunnya direbus hasil rebusan daun disaring dan airnya diminum 3 kali sehari.

Mengobati Radang Mata

Untuk mengobati Peradangan pada mata ambil batang tumbuhan nanangkaan dan pada batangnya di petik hingga mengeluarkan getah,getah itu lalu teteskan pada mata yang terkena radang

Semoga artikel saya bisa membantu,dan jangan lupa komen dan share artikel saya,Terima kasih


1 on: "Khasiat Tumbuhan NANANGKAAN/PETIKAN KEBO/GENDONGAN ANAK"
  1. Kalau untuk tambahan makanan ..daun petikan kebo diapakan ?

    ReplyDelete