Tuesday 11 April 2017

Khasiat Tanaman PULUTAN/PUNGPULUTAN ( Urena Lobata )

PULUTAN/PUNGPULUTAN

( Urena Lobata )


Foto : Pertanianku


Deskripsi

PULUTAN atau orang biasanya menyebutnya PUNGPULUTAN nama latin tanaman ini adalah ( Urena Lobata ).Tumbuhan Pulutan ini tumbuh ditanah yang terbuka,tumbuhan ini tergolong rerumputan liar tapi kaya khasiat.Pada bagaian batangnya lunak dan berbulu halus,daun menjari dan bergigi tajam pada kedua sisinya,tangkai bergagang pendek.Lanjut pada bagaian bunga,warna bunga merah tua,merah muda ,dan ada pula yang putih.Apabila sedang berbuah tumbuhan Pulutan berbiji satu

Khasiat

Khasiat pada tumbuhan Pulutan secara umum atau dikedokteran tumbuhan ini berguna untuk 

  • Obat darutan sengatan lebah
  • Obat rematik
  • Pereda untuk penyakit influenza
  • Obat diare
  • Mengencerkan dahak
  • Pengobatan kencing keruh
  • Obat radang amandel
  • Obat malaria

Cara meracik obat darurat oleh sengatan lebah

Petiklah embat lembar daun Pulutan dan cuci hingga bersih tumbuk daunnya sehabis dicuci tambahkan 2 sendok air,dan terakhir oleskan pada bagian tubuh yang terkena sengatan lebah.

Cara meracik obat rematik

Untuk peracikan obat rematik,ambil 50 gram akar tumbuhan Pulutan jemur akar tersebut sampai kering setelah itu resbus akar dengan air dua gelas setengah tunggu sampai tersisa hanya satu gelas setengah.dan terakhir minum selagi masih hangat.

Cara meracik obat penyakit influenza

Untuk peracikan obat penyakit influenza ambil akar tumbuhan Pulutan  dan rebus dengan air tiga gelas tunggu sampai mendididih dan sampai tersisa 2 gelas.Minumlah selagi hangat.

Cara meracik obat untuk diare

Cara meracik obat diare ambil 50 gram akar tumbuhan Pulutan jemur akar tersebut sampai kering setelah itu resbus akar dengan air dua gelas setengah tunggu sampai tersisa hanya satu gelas setengah.dan terakhir minum selagi masih hangat.

Cara meracik obat untuk meringankan atau mengurangi batuk berdahak

Ambil daun Pulutan 3 lembar cuci dengan air hangat tambahkan garam dan kunyah dimulut telan airnya saja.Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal ulangi selama 3 x sehari.

Cara meracik obat untuk kencing keruh

Rebus akar tumbuhan Pulutan dengan air 350 ml sampai tersisa 250 ml.

Cara meracik obat untuk radang amandel

Ambil akar tumbuhan Pulutan dan rebus dengan air tiga setengah gelas sampai tersisa dua gelas.Minumlah ramuannya 3 x sehari dengan takaran setengah gelas.

Cara meracik obat untuk penanganan malaria

Rebus akar tumbuhan Pulutan  minumlah airnya  2 kali sehari .

0 on: "Khasiat Tanaman PULUTAN/PUNGPULUTAN ( Urena Lobata )"